Seminar .... oh Seminar......!!

     Tugas Seminar / seminar skripsi atau apalah namanya. Sebagian dari kalian mungkin kebayang atau mungkin pernah ngerasain apa itu yang namanya seminar dan pernah ngerjain tugas tersebut. Seminar disini kurang lebih nantinya seperti sebuah presentasi hasil tugas/penelitian yang akan kalian paparkan di depan forum, misalnya dosen-dosen dan teman-teman mahasiswa lainnya.

      Saat kalian baca judul tulisan ini mungkin terbayang di pikiran kalian, kalo kegiatan perkuliahan saya udah masuk ke tahapan seminar. Dan sebentar lagi berarti lulus (Amiin #Pray). Tapi sayangnya saya belum ke tahap itu, seminar yang dimaksudkan di atas adalah tugas salah satu mata kuliah di semester VI. Tugas ini sebenarnya diberikan sekitar satu bulan yang lalu dan sekarang sayangnya belum kelar. -___-" 
Alasannya klasik, masih ada beberapa data yang belum dapat, sial emang padahal udah beberapa kali ke kantor "X", data yang dicari belum ketemu, tapi usaha saya ga' sebatas Library Research dan saya juga udah nyoba cari data yang diperlukan di google tapi masih juga belum ketemu, mungkin usahanya yang masih kurang. :|

     Di akhir-akhir ini semangat mulai menurun, karena waktu yang semakin dekat sedangkan tugas belum full kelar semua dengan benar. Sebenarnya hampir semua Bab sudah nyaris kelar, tinggal nunggu sentuhan akhir. Satu Model analisis selesai tapi yang satunya sedang menunggu untuk di olah.  Mungkin ini akibat dari penundaan selama ini. Memang  benar kata pepatah dari salah seorang Mahasiswa Abadi (sebut saja Mr. X) berikut :

 "Jangan sekali-kali lo nunda tugas kuliah, kalo lo ga' mau mimpi buruk berkepanjangan yang penuh kegalauan selama satu semester"

     Kebanyakan dari kita selalu nunda buat menyelesaikan tugas, baik itu tugas kuliah/sekolah/kantor. Alasanya sih biasanya standar gini : ....Waktunya masih lama, nyantai aja dulu tugasnya mudah. Kalo mudah kenapa ga' lo selesai in dari awal kampret !!

 Ayo Move on
 
       Rasa dikejar-kejar tugas tu ga' enak banget, apalagi ini karena tindakan bodoh yang selalu menganggap masih lamanya waktu, tugasnya mudah. Nyatanya, waktu terus berjalan tugas belum selesai akibat penundaan. Salah besar ternyata, kalo ada orang seperti saya atau kalian yang hanya berharap "miracle in the last minute".  Berharap dan menantikan mukjizat  datangnya Malaikat yang sambil tersenyum sambil ngasih data, kalo ngasih data yang kita butuhkan enak, kalo ngasih yang lain gimana, siap ??
Berharap sambil menatap langit yang kelam di malam hari di musim hujan ini. Sia-sia, malaikat ga' ada yang mau turun buat bantu kalo cuma diam. Saya mulai sadar, udah waktunya buat move on kalo kata anak sekarang. Mulai lagi buka buku-buku lama, cari referensi lain yang bisa ngedukung dan membantu tulisan.
Nah ini ada sedikit tips dari seseorang yang sudah move on (bukan yang mahasiswa abadi tadi yak) : :)
  1. Berdoa, niatkan dalam hati, Kalo ada tugas harus selesai dengan cepat dan baik menyelesaikannya dengan tepat waktu, kalo bisa 1 minggu atau minimal 2 atau 3 hari harus selesai.
  2. Mulai lah dari sekarang, atau mulai dari awal begitu ada tugas, langsung kerjakan.
  3. Kumpulkan semua bahan atau referensi yang nantinya dikiranya nanti  dapat mendukung penyelesaiaan tugas.
  4. Ajaklah teman yang paham atau setidaknya mengerti jika kita belum mengerti benar. Setidaknya sebagai tempat bertanya.
  5. Kalo dirasa masih menemui kesulitan dalam mengerjakan tugas bisa minta tolong dengan orang yang lebih paham atau menguasai tugas tersebut. Misal, dosen bersangkutan yang ngasih tugas, senior dll.
  6. Refresh. kenapa refresh ? kalo kalian udah mulai mentok atau apalah ga' nemu inspirasi, ga' ada salahnya berhenti sejenak lakuin aktivitas lain yang bisa membuat otak kembali berpikir jernih dan baik. Lo jangan ngebayangin yang jorok/p*rno.
  7. Jika sudah fresh, mulailah lagi dengan tenang dan selesaikan satu persatu tugas tersebut.
  8. Tetap Semangat !! 

     Sekian dulu catatan/coretan bebas dari saya yang masih belum nemuin gaya/karakter yang tepat dalam halaman "CABAS" (Catatan/coretAn BebAS) ini. Silahkan kalian terapin saran-saran diatas, semoga kalian ga' jadi mahasiswa abadi seperti Mr. X. Kalo ada saran atau kritik yang tentunya bersifat membangun, silahkan tuliskan disini atau via PM di FB. :)



Muhammad Firmansyah
15-04-2012

Sumber gambar : Google.

Komentar

  1. Betul tuh sob, gara-gara sering nunda tugas jadi ribet neh pas org laen mau lulus, saya masih bengong mikirin nilai :P

    BalasHapus
  2. Ayo mas Move on,jangan cuma bengong, usaha lebh giat.
    :)

    BalasHapus
  3. wah, kyknya ini terjadi sma q jg neh,, semakin naek smester makin malas belajar,malas ngerjain tugas jg,, heehe

    BalasHapus
  4. @Nur Aiydha : hehe,,hampir kebanyakan kita kaya' gitu ya mba',,
    makin naaik semester bukannya makin rajin, sadar akan kewajiban, eh ini malah kebalikannya..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Eksistensi Budaya Lokal di Kalangan Remaja

Jambi, Negeri Kaya Sejuta Potensi