Jambi, Negeri Kaya Sejuta Potensi

          Jambi, mungkin bagi kalian nama daerah ini masih terasa asing di telinga. Kalian mungkin lebih sering mendengar nama  Medan, Padang, Palembang. Jambi merupakan salah satu provinsi yang terletak di Pulau Sumatera, tepatnya di Jantung Pulau Sumatera. Negeri yang tenteram dan jauh dari pemberitaan ini memang belum cukup terdengar namanya di Indonesia. Namun, di balik itu semua Jambi memiliki ragam potensi yang beragam, baik itu sumberdaya alam seperti wisata, budaya, ekonomi dan kekaneka ragaman lainnya. Sedikit gambaran tentang Jambi kalian bisa cari tahu di sini  : Provinsi Jambi.

Jambi Negeri Kaya Sejuta Potensi.

         Jambi terdiri dari sembilan Kabupaten dan Dua Kota. Hampir di seluruh daerah tersebut memiliki kawasan wisata yang sangat layak untuk kalian kunjungi. Berikut daftar kawasan yang bakal gw rekomendasi in  buat kalian.



Kota Jambi

          Kota Jambi, Kalian yang berasal dari Jambi pasti bingung kenapa gw rekomendasi in tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata kalian. Sederhana sih, ketika kalian bepergian ke Jambi menggunakan pesawat terbang, pasti kalian mendarat ke tempat ini, nah dari pada kalian bingung mikir yang jauh, jelajahin kota ini dulu :)


           Di Kota Jambi jangan harap kalian nemuin gunung, bukit dan lain-lain. Namanya aja juga Kota. hehe. Di sini kalian bakal ngeliat deretan ruko-ruko menjulang satu sama lain. Yap. Kota ini terkenal dengan Kota seribu ruko. Sejauh mata memandang ruko semua. Geliat perdagangan memang terliat di Kota Jambi.

                                                   
                                                                           Kota Jambi 

        

                                                                    Kota Jambi dari Udara

         Selain terkenal dengan Kota seribu ruko, kota jambi juga di kenal dengan Masjid Seribu Tiang. Masjid ini namanya Masjid Agung Al Falah. Sekilas memang terlihat tiangnya memang seribu, tapi jika kalian hitung jumlahnya tidak sampai seribu. 


Masjid Agung Al Falah (tampak luar)

                                                                    Masjid Agung Al Falah

       Selain itu, di kota Jambi juga ada Ancol Jambi atau Tanggo Rajo, Jembatan Batanghari II, tempat ini selalu ramai di kunjungi oleh remaja di kota Jambi.
                                                                 Ancol (Tanggo Rajo)
         Dari sini kalian bisa nikmatin suasana tepian sungai batanghari, sambil di temani semilir angin sore dan kalo kalian beruntung, kalian bisa nikmatin sunset ala Batanghari, hehe. Tapi sayang daerah ini masih kurang tata kelola yang baik sebagai kawasan wisata. Masih terlihat kotor, makanan yang dijajakan relatif standar dan biasa.

        Dari Tanggo Rajo kalian juga bisa melihat langsung Sekoja ( Seberang Kota Jambi) daerah penghasil batik Jambi. Saat ini sedang dibangun Menara Genta Arasy (yang bisa diliat pada foto) dan  Jembatan pedestrian yang menghubungkan Kota Jambi dengan seberang kota Jambi. hmm kalian bayangin betapa indahnya Kota ini, memiliki jembatan layang pedestrian di kota yang membentang di atas sungai Batanghari.



       
            Gambar : Maket Menara Genta Arasy dan Jembatan Pedestrian



                                                               Jembatan Batanghari II
 


Sesudah dari Kota Jambi kita beranjak ke tetangganya, Muaro Jambi

Muaro Jambi

Uyeeaayy ini daerah gue.
        Muaro Jambi merupakan salah satu Kabupaten terbesar di Provinsi Jambi. Muaro Jambi juga ga' kalah di banding daerah lain. Di sini ada Komplek Percandian Terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara, Candi Muaro Jambi. Konon candi ini merupakan salah satu pusat peradaban tertua di Dunia dan dari sinilah salah satu universitas tertua di dunia berada pada zaman dahulu. Ini membuktikan bahwa Jambi merupakan salah satu daerah yang maju pada zaman dahulu #CMIIW


Gambar : Presiden SBY saat meresmikan kawasan wisata terpadu Candi Muaro Jambi


Candi Muaro Jambi

Dari Muaro Jambi kita pergi Ke Kerinci. Cussss

Kerinci

         Kerinci merupakan Kabupaten di bagian barat Provinsi Jambi, Kerinci berbatasan langsung dengan Sumatera Barat. Kalian pasti bertanya-tanya, ada apa sih di Kerinci. Kerinci punya banyak tempat wisata, baik itu wisata alam, budaya dan lainnya. Sekedar informasi Gunung berapi aktif yang tertinggi di Indonesia ada di sini, Gunung Kerinci. Gunung Kerinci memiliki ketinggian 3.805 mdpl. 

         Selain itu di bawah gunung ini terdapat perkebunan teh kayu aro, yang produksi teh dengan kualitas dunia. Konon teh ini lah yang di minum oleh orang-orang eropa. Dari pada kalian penasaran nih Sedikit gambaran tentang Gunung Kerinci. #Uhh gw pengen banget ke sini.
       
Gunung Kerinci 


          Selain itu, di Kerinci kalian juga bisa mengunjungi Taman Nasional Kerinci Seblat, salah satu satu tempat biodiversity yang menyimpan banyak kekayaan alam baik itu flora maupun fauna dan  lagi-lagi TNKS ini merupakan Taman Nasional yang terbesar di Pulau Sumatera karena membentang di empat Provinsi, Jambi, Sumatera Barat, Bengkulu dan Sumatera Selatan dengan luas 13,750 km². Di Kerinci juga sumber mata air hangat,  danau kerinci dan danau kaco (kaca).



                                 
                              Danau Kerinci


                                 
                           Danau Kaco


Okee, gimana menurut kaliannn, minat ke Jambi ?
di sini blum smua soh gw cerita in tentang Jambi, masih banyak lagi kabupaten-kabupaten lain dan  ada tentang suku anak dalam, dan potensi-potensi lain.

Mulai sekarang,  masuk in deh Jambi sebagai salah satu daerah tujuan kalian akhir tahun ini.
Yukk berkunjung ke Jambi dan gw siap jadi pemandu wisata kalian, ngehehehehe.


Gw rasa cukup sekian dulu buat nyeritain tentang Jambi, kalo di cerita in semua bakalan panjang dan kalian ga' bakal bisa ngerasain gimana asiknya  menikmati dan menggali Negeri yang kaya akan potensi ini. 

Sebelum gw akhirin sedikit persembahan terkahir dari gw, kalian bisa  nikmatin dulu lagu daerah dari Jambi, See u next time blooger.

 


Postingan ini di ikutsertakan dalam lomba Blog : http://www.pipetmagz.com/lombablog/



Sumber Gambar : Diambil dari berbagai sumber (Google).

Komentar

  1. Indonesia memang selalu mempunyai potensi wisata yang luar biasa. Ah... Mari kita jaga. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi bro, jaga dan lestarikan. Yukk ke Jambi. :D

      Hapus
    2. Yoi bro, jaga dan lestarikan. Yukk ke Jambi. :D

      Hapus
  2. kakak gue ada tuh sob yg ngerantau ke jambi, gue udah prnh kesana juga sekali. tapi belum smpt jelajahin semua tmpt wisatanya :D

    BalasHapus
  3. Yeayyy Ke Jambi lagi dong hehe.
    Saya Siap jadi tourguide nya. :-)

    BalasHapus
  4. Salam, Muhammad Firmansyah, ini aunty liza ni...wahhh...aunty seronok baca blog kamu. Teringin pula nak visit Jambi. Indah dan cantik alam semulajadi nya. Bila aunty lihat video di atas itu, kedengaran loghat Minang. Adakah orang2 Jambi bertutur cara Minang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiii Aunty.
      Hehe So bile aunty ke Jambi.
      ayo Aunty berlibur ke Jambi :D
      Masih banyak tempat menarik lainnya.
      Di jambi ada orang yang bertutur minang, Sebab Jambi juga berbatasan langsung dengan Padang Aunt, Orang minang banyak yang merantau ke Jambi.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Eksistensi Budaya Lokal di Kalangan Remaja

Seminar .... oh Seminar......!!